Senin, 18 Maret 2013

Konsep Database dan Tabel


       Database merupakan sekumpulan data yang saling terintegrasi satu sama lain dan terorganisasi berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu dan tersimpan pada sebuah hardware komputer. Database terdiri dari beberapa tabel yang saling terorganisasi. Tabel digunakan untuk menyimpan data dan terdiri dari baris dan kolom. Setiap pemakian atau user yang diberikan wewenang saja yang dapat melakukan akses terhadap data tersebut.
1.      Create data base (membuat database)
Adalah membuat database baru.
Untuk mengaktifkan Server SQL, kita bisa menggunakan fasilitas Query Analyzer langkah nya :
·         Dari start Menu,Program,Microsoft SQL server 2000,pilih Query Analyzer
·         Kita bisa memilih metode authentikasi yang digunakan. Jenis authentikasi ada dua, yaitu Windows Authentication atau SQL Server Authentication. Jenis mana yang kita pakai tergantung setting saat kita install aplikasi di awal dulu.
Contoh nya : Create database Kepegawaian
·         Langkah selanjut nya klik tanda Ceklis ( parse Query) atau bisa menekan tombol F5
·         Selanjut nya klik Execute Query gunanya Kita dapat melihat sukses atau tidaknya pembuatan database pada jendela Results bisa juga dengan menekan tombol f5

Untuk membuat aplikasi SQL (Structured Query Language) Server, maka hal pertama yang harus kita pelajari adalah cara membuat database baru. Misalkan nama database yang akan kita buat adalah Database kepegawaian. Secara umum kita bisa membuat beberapa tabel untuk Database kepegawaian, yaitu tabel :
nip CHAR(6)
 nama VARCHAR(50),
 alamat VARCHAR(100),
 tempat_lahir VARCHAR(30),
 tanggal_lahir DATE,
 gol CHAR(2),
 kode_jabatan CHAR(3),

2.   Ater Database

Fungsi alter database digunakan menambah atau membuang kolom atau file pada suatu table.
Contoh  nya :
Alter table kepegawaian  add agama varchar (20),
Maka akan nambah agama varchar (20),
3.   Drop Database

Fungsi statement DROP DATABASE adalah untuk menghapus database. Satu hal yang perlu diperhatikan ialah, MySQL tidak akan memberi konfirmasi penghapusan database jika anda menggunakan statement ini. Oleh karenanya anda harus berhati-hati menggunakan statement ini karena semua record, tabel dan objek yang ada dalam database anda akan ikut hilang bersama database yang anda hapus. Misalkan kita akan menghapus database kepegawaian yang kita buat tadi.

Contoh nya: Drop table kepegawaian
Maka akan terhapus database kepegawaian

 Fungsi pernyataan CREATE TABLE

Pernyataan CREATE TABLE termasuk dalam kateogri DDL (Data Definition Languange). Pernyataan ini digunakan untuk menciptakan suatu tabel dalam basis data.

Bentuk umum Pernyataan CREATE TABLE kepegawaian

Jika diketahui contoh data tabel pegawai sebagai berikut:
Perintah SQLnya sebagai berikut:
CREATE TABLE pegawai
(
 nip CHAR(6) PRIMARY KEY,
 nama VARCHAR(50),
 alamat VARCHAR(100),
 tempat_lahir VARCHAR(30),
 tanggal_lahir DATE,
 gol CHAR(2),
 kode_jabatan CHAR(3),
 
 
 Catatan:
§  tipe CHAR umumnya digunakan untuk field yang memiliki panjang data yang seragam. misalnya nip, gol, kode_jabatan, dan kode_fungsional
§  tipe VARCHAR digunakan untuk field yang memiliki panjang data yang tidak seragam, misalnya nama, alamat dan tempat_lahir.

Alter Table
Table yang sudah didefinisikan sering kali mengalami perubahan pada saat sebuah aplikasi dikembangkan. Apakah perubahan tersebut menambah kolom ataupun mengganti tipe data. Disini ORACLE mempunyai fungsi yang dapat digunakan untuk melakukannya yaitu ALTER TABLE.
Alter Table, merupakan fungsi yang digunakan untuk melakukan modifikasi pada table. Modifikasi yang bisa dilakukan antara lain adalah modifikasi kolom dan tipe data, modifikasi constraint dan index, dll yang terkait dengan modifikasi table.

DROP TABLE

Kegunaan nya menghapus  table
drop table alamat
maka  tabel alamat akan hilang.

Tidak ada komentar: